Thursday, January 12, 2023

Wayang, Mistik dan Musik

 

Terkenal karena wayangnya yang rumit dan gaya musiknya yang kompleks, bentuk cerita kuno ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia. Selama sepuluh abad wayang berkembang di istana kerajaan Jawa dan Bali serta di daerah pedesaan. Wayang telah menyebar ke pulau-pulau lain (Lombok, Madura, Sumatera dan Kalimantan) di mana berbagai gaya pertunjukan lokal dan iringan musik berkembang.

Meskipun wayang yang dibuat dengan hati-hati ini bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan gaya, dua jenis utama berlaku: wayang kayu tiga dimensi (wayang klitik atau golèk) dan wayang kulit datar (wayang kulit) yang diproyeksikan di depan layar yang menyala dari belakang. Kedua jenis tersebut dicirikan oleh kostum, fitur wajah, dan bagian tubuh yang diartikulasikan. Dalang menggerakkan lengan putarnya dengan menggunakan tongkat-tongkat kecil yang ditempelkan pada wayang. Penyanyi dan musisi memainkan melodi yang rumit pada instrumen perunggu dan gendang gamelan. Di masa lalu, dalang dianggap sebagai ahli sastra terpelajar yang mentransmisikan nilai-nilai moral dan estetika melalui karya seninya. Kata-kata dan tindakan tokoh-tokoh komik yang mewakili “orang biasa” telah menjadi wahana untuk mengkritisi isu-isu sosial dan politik yang sensitif, dan diyakini bahwa peran khusus ini mungkin telah berkontribusi pada kelangsungan hidup wayang selama berabad-abad. Cerita wayang meminjam karakter dari mitos pribumi, epos India dan pahlawan dari dongeng Persia. Perbendaharaan dan teknik pertunjukan ditransmisikan secara lisan dalam keluarga dalang, pemusik, dan pembuat wayang. Dalang ahli diharapkan untuk menghafal perbendaharaan cerita yang luas dan membacakan bagian naratif kuno dan lagu puitis dengan cara yang cerdas dan kreatif.

Teater Wayang Wayang masih menikmati popularitas besar. Namun, untuk berhasil bersaing dengan bentuk hiburan terkini seperti video, televisi, atau karaoke, artis cenderung menonjolkan adegan komik dengan mengorbankan alur cerita dan mengganti iringan musik dengan nada pop, yang menyebabkan hilangnya beberapa fitur karakteristik.


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls